Bagi penggemar berat Halloween, tidak ada kata terlalu dini untuk merayakan hari raya tersebut.
WASHINGTON — Ketika pandemi melanda pada musim semi tahun 2020, Home Depot bersiap meluncurkan sesuatu yang besar – sangat besar – kerangka sepanjang 12 kaki.
“Ada banyak diskusi yang terjadi secara internal. Misalnya, apakah akan ada Halloween tahun ini?” kata Lance Allen, merchandiser senior untuk dekorasi hari raya di Home Depot.
Home Depot berhasil. Dan kerangka yang menjulang tinggi itu datang pada saat yang tepat.
“Mungkin tidak ada yang menginginkan kerangka setinggi 12 kaki, tapi semua orang menginginkan kerangka setinggi 12 kaki,” kata Allen.
Pertaruhan pengecer meningkatkan persaingan untuk mendapatkan dekorasi. Orang-orang yang terjebak di rumah menginginkan hiburan komunitas, sehingga menciptakan fenomena Halloween yang kini lebih besar daripada toko mana pun. (Yang lain membawa berbagai versi kerangka legendaris ini.)
Saat toko-toko berlomba untuk mendapatkan lagu Halloween terbaru dan terhebat secepat mungkin, para penggemar berat mengatakan ini sudah waktunya.
Rayakan Halloween terlebih dahulu
Kerangka Home Depot setinggi 12 kaki dikenal sebagai “Skelly” secara online dan oleh penggemar di seluruh dunia. Allen mengatakan ketika Skelly meluncurkannya, idenya adalah dia akan keluar selama satu atau dua minggu sebelum malam Halloween, yang merupakan perilaku konsumen yang umum diamati pada saat itu.
Namun pandemi mengubah garis waktu tersebut.
“Semua orang mulai mendekorasi pada awal Oktober dan mencari sesuatu untuk dilakukan,” kata Allen. “Kami benar-benar melihat pergeseran di pasar di mana orang-orang kini mendekorasi untuk Halloween, seperti yang pernah kita lihat dalam sejarah Natal, merencanakan dekorasi mereka lima hingga enam minggu sebelumnya, dua bulan sebelumnya.”
Mak Ralston, seorang fanatik Halloween yang dikenal sebagai “Haunt Front” di YouTube yang memposting video Halloween sepanjang tahun, telah memperhatikan perubahan tersebut.
“Dulu ada kalender yang memberi tahu saya kapan barang akan ada di toko,” kata Ralston, sambil mencatat bahwa warna oranye, hitam, penyihir, dan tengkorak biasanya tersedia pada awal September, mungkin pertengahan Agustus.
“Tahun ini, saya melihat beberapa barang Halloween di toko pada bulan Juni, awal Juli,” katanya. “Belum pernah sepagi ini.”
Bagi sebagian orang, Halloween selalu Halloween
“Beberapa orang biasa yang tidak berkomitmen tidak menyadari bahwa bagi orang-orang yang benar-benar berdedikasi pada Halloween dan budaya horor, mereka juga berdedikasi untuk memenangkannya sepanjang tahun,” kata Ralston.
“Saya bisa memposting video tentang film horor atau topeng Halloween di bulan Februari dan orang-orang akan memakannya,” katanya.
Nate Rambaud, yang dikenal sebagai That Guy Nate di Youtube, memulai salurannya dengan memposting video toko yang ditinggalkan seperti Toys R Us, sebuah ceruk di platform berbagi video. Kini dengan lebih dari 440.000 pelanggan, roti dan menteganya menjadi topik yang lebih menakutkan. Dia memposting video tur ke lokasi spiritual Halloween, yang sering kali menempati toko-toko yang ditinggalkan.
Rambaud telah mengunjungi lebih dari 300 lokasi Spirit Halloween di 50 negara bagian.
“Halloween itu mudah untuk membuat kita terobsesi. Tidak perlu orang lain,” kata Rambaud.
Natal “membutuhkan orang lain, keluarga Anda. Anda keluar dan membeli sesuatu untuk orang-orang. Lalu anak-anak duduk-duduk menunggu Natal – dan hanya itu yang bisa mereka lakukan untuk Natal,” katanya. “Tapi Halloween – siapa pun bisa merasakan Halloween, dan Anda bisa melakukannya kapan saja.”
Sebagai hasil dari pertemuan sepanjang tahun, Skelly menyelesaikan beberapa pekerjaan untuk ulang tahunnya yang kelima. Allen mengatakan Skelly baru yang dijual musim ini akan memiliki lebih banyak aditif UV untuk melindungi dari sinar matahari lebih lama, serta campuran resin yang lebih tahan lama untuk menahan suhu yang lebih dingin. Dia punya seekor anjing sekarang.
“Orang-orang mengambil kerangka saat berkencan. Mereka pergi ke pantai dan dia bermain pasir,” kata Allen. “Kami bertemu dengannya di pesta pernikahan.”
Seniman asal Texas, Jacob Humphrey, membantu memoderasi grup penggemar berat Home Depot Halloween di Facebook. Ada persaingan yang sehat dalam dekorasi, katanya.
“Sering kali orang berkata, ‘Saya tahu ini tidak sebaik yang dilakukan orang lain, tapi saya ingin membagikannya,’” kata Humphrey. Dia mengatakan anggota grup bergabung untuk mencari penggemar yang berpikiran sama, “tapi sejujurnya, orang-orang ingin pamer.”
Mengapa begitu banyak orang tergila-gila pada Halloween?
Mungkin ini semua tentang satu bagian penting dari liburan: anak-anak.
Baru-baru ini, ketika Humphrey sedang mengecat pagar, seorang gadis lewat. Dia mengatakan kepadanya bahwa rumahnya selalu memiliki dekorasi terbaik.
“Saya tidak menyangka anak-anak dapat mengingat hal itu. Ini benar-benar sebuah lencana kehormatan,” kata Humphrey. “Dan, bagus, sekarang saya tidak punya pilihan, saya akan memastikan saya melakukan pekerjaan dengan baik.”
Ralston ingat saat dia masih kecil yang membawa-bawa kerangka, bukan boneka beruang, ketika dia tumbuh dewasa.
Rambo, yang filmnya menampilkan animatronik Halloween senilai ratusan dolar, mengenang masa sederhana di masa kecilnya yang memicu kecintaannya pada Halloween.
“Ayah saya biasa membangun apa yang disebut terowongan hantu. Dia mengambil kotak kardus, seperti kotak lemari es, dan menyatukannya untuk membuat labirin yang harus kami lewati,” katanya. “Itu rumah hantu kecil kami.
Bagi Humphrey, daya tarik festival ini dapat diringkas sebagai berikut:
“Halloween adalah hari ekstrovert bagi introvert,” katanya. “Kenapa kamu tidak ingin merayakannya?”